Welcome to Blog Senirupa

Kartika Affandi dan Karyanya

Posted by : Posted on Friday, 29 August 2014 - 19:46 with No comments

Lukisan Potret Diri Kartika Affandi
Kartika Affandi lahir di Jakarta pada tanggal 27 November 1934. Dia adalah putri pelukis terkenal Affandi dari istri pertamanya, Maryati. Perjalanan pendidikan nya dimulai dari Taman DEWASA di Taman Siswa Jakarta, terus belajar seni di Universitas Tagore Shantiniketan India. Dia juga belajar tentang patung di Politeknik School of Art London. Pada tahun 1952, Saptohoedojo menikahinya dan mereka memiliki delapan anak. Pada tahun 1957, ia bergabung dengan pameran lukisan dengan pelukis wanita lain di Yogyakarta untuk pertama kalinya. Pada tahun 1980 dia pergi ke Wina, Austria untuk belajar di Academy of Fine Arts jurusan Teknik Pelestarian dan Pemulihan benda-benda seni, maka dia terus belajar di ICCROM (International Center of Pelestarian dan Pemulihan Properti Budaya) di Roma Italia. Saat ini, lukisan dan patung Kartika juga dipamerkan di Museum Affandi, di Galeri ketiga.

Kartika tidak pernah menerima instruksi formal seni. Sejak usia tujuh tahun, dia diperintahkan oleh Affandi dalam cara melukis dengan jari dan tabung langsung di kanvas. Setiap pencampuran warna dilakukan pada tangan dan pergelangan tangan. Kartika tidak memiliki studio permanen; seperti Affandi, ia lebih memilih untuk melukis di luar di lingkungan desa tempat ia berinteraksi langsung dengan sekitar. Ini berbeda dengan kebanyakan pelukis kontemporer Indonesia, yang bekerja di studio mereka.
Kartika Affandi Melukis
Dalam dunia seni modern yang lahir di tahun 1930-an, di mana laki-laki masih aktor dominan, Kartika affandi adalah salah satu dari sekelompok kecil perempuan yang dari pertengahan 1980-an telah berhasil memamerkan karya mereka secara teratur dan dalam memperoleh pengakuan kritis terbatas. Bahkan dalam konteks ini, seni Kartika muncul sebagai sesuatu yangunik, mulai seperti halnya dari konvensional ke subversif.

Mengikuti jejak populis Affandi, Kartika juga memiliki sejarah panjang lukisan masyarakat pedesaan, seperti nelayan, petani, buruh dan pengemis. Karena individu-individu berpose saat berinteraksi dengan dia dan bertukar sejarah kehidupan saat ia melukis. Narasi lukisannya bila dilihat dari dekat larut dengan kedalaman yang kuat, kesan abstrak dalam plotottan minyak penuh semangat diterapkan. Karya Kartika berkisar dari manis dan indah untuk realisme ekspresif yang cukup keras dan tegas. dalam lukisan pengemis, orang-orang cacat dan menderita yang tidak kenal kompromi dari kemajuan usia tua, apakah lukisan orang asing, ayahnya, atau dirinya sendiri.

Pada tahun 1964, ia mengikuti pameran bersama di Museum Modern of Art, Rio De Janeiro, Brazil. Di tahun 1967, membantu Affandi membuat lukisan dinding (Fresco) di East West Center University of Hawaii, USA. Di tahun 1977, ia menjadi kurator pada museum Affandi hingga sekarang, Tahun 1969, ia menggelar pameran tunggal pertama di Jakarta dan dilanjutkan setiap tahun berpameran dikota-kota besar di Indonesia. Tahun 1970 pameran bersama di Thailand dan negeri Belanda. Tahun 1971, berpameran di Samat Art Gallery, Kuala Lumpur, Malaysia, Malay Art Gallery, Singapura. Tahun 1972 berpameran di Palazzo delle Esposizioni, Roma. Pada tahun 1973, Mengikuti pameran di Palais de Beaux-Arts Bruselles, Belgia dan Benrahter Orangerie, Dusseldorf, Jerman. Tahun 1974, ia berkeliling Indonesia bagian Timur dan Thailand bagian Utara untuk melukis. Tahun 1975, berpameran di FIAP Gallery, Paris, Lily Bone Gallery Nancy Festival, Perancis dan National Art Gallery, Algeria. Pada tahun 1978, berpameran di Credit Central Bank, Brussel, Belgia. Di tahun 1979, berpameran di Pinakota Art Gallery, Melbourne, Australia. Tahun 1980, berpameran di Gameente Massloujs Museum Netherland, Volkenkundig Museum Geradus, Gronigen dan Westpries Museum, Netherland. Tahun 1981, berpameran di Heimat Museum, Floritzdorf, Austria. Di tahun 1982, berpameran di K. Gamming Vienna International Center, Austria dan tahun 1983 berpameran di Mistelbach Gallery, Vienna Intenational Center.

Selama pendidikan di Austria tahun 1980-1983, ia melakukan kuliah kerja, pada restorasi Fresco pada Akademi seni Rupa di Vienna, restorasi Fresco pada bangunan-bangunan bersejarah di Viena, Austria dan restorasi Fresco pada Gereja di Unter Marketlor Austria. Pada tahun 1984, ia berpameran di Roma, Italia dan pada bulan Desember 1984,  ia menikah lagi dengan Gerhard Koberl dari Austria.

Pendidikan :

Taman Dewasa, Taman Siswa
Tagore University Santiniketan, India, 1950
Polytechnic School of Art, London, 1952
Job Training untuk Management Gallery di Washington DC, USA, 1967
Workshop pada Graphik Center Frans Maseriel di Kasterlee, Belgia, 1977
Akademi Seni Rupa Jurusan Tehnik Pengawetan dan Restorasi Benda-benda Kesenian di Vienna, Austria, 1980 -1983
ICCROM International Center of the Preservation and the Restoration of Cultural Property, Roma, Italia, 1984

Profesi :

Kurator pada Museum Affandi

Penghargaan :

Beasiswa dari pemerintah Perancis untuk mengunjugi tempa-tempat kesenian di Paris (1968),
Gold Medal dari Academica Italia Salsamoggiere (1980), Honorary Degree sebagai maestro di Pittura (1982)
AUREA Gold Medal dari The International Parliament for Security and Peace, USA (1983), Beasiswa dari ICCROM untuk keliling Itali (1984),
Master of Painter dari Youth of Asian Artist Workshop (1985), Outstanding Artist dari Mills College di Oakland California (1991)

Resource : http://www.affandi.org

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

Lukisan Kartika Affandi

senirupa

Ditulis Oleh : seni rupa | Title: Kartika Affandi dan Karyanya

0 comments:

Tuliskanlah pikiran anda

Berbagi dan beritahu kami apa yang anda pikirkan tentang seni dan inspirasi... !

Subscribe

Get update via Email
Masukkan email anda untuk mendapatkan posting terbaru lewat email, & jangan lupa klik link aktifasi di email anda supaya aktif
senirupa feedburner
 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat