Welcome to Blog Senirupa

Francisco De Goya Biografi Artwork

Posted by : Posted on Thursday, 28 August 2014 - 21:47 with No comments

Francisco De Goya Painting
Selain sebagi tokoh seni lukis Romantisisme, Francisco Goya juga tokoh seni grafis. Karya Goya mencerminkan gaya Baroq, dengan ciri-ciri pencahayaan dramatis, goresan kuas yang halus, dan komposisi yang menekankan kekuatan diagonal.
Goya bekerja pada raja Spanyol, tetapi ia penganut republikanisme. Goya mendukung penyerbuan tentara Napoleon ke Spanyol dan berharap Napoleon akan melakukan reformasi di negerinya. Namun, setelah Perancis menduduki Spanyol, harapan itu musnah, karena melihat kekejaman tentara Napoleon. Setelah Perancis berhasil dikalahkan, Goya mulai membuat serangkaian etsa berdasarkan pengamatannya tentang kekejaman tentara Napoleon.
Karya Goya The Third of May, 1808 (1814) merupakan peringatan tentang peristiwa hukuman mati terhadap orang-orang Spanyol, yang melakukan perlawanan terhadap tentara Perancis di Madrid. Goya melukiskan orang-orang itu dengan penuh kekuatan emosi, dengan mengolah unsur gelap-terang. Ia menggambarkan figur tentara Perancis seperti robot, mengarahkan senapannya pada tawanan yang tampak tidak bisa berkutik lagi. Di sini tidak terdapat kesan heroik pada orang-orang Spanyol itu, tetapi kengerian sebagai korban

Nama ini menggunakan kebiasaan penamaan Spanyol, nama keluarga pertama atau ayah adalah Goya dan nama keluarga kedua atau ibu adalah Lucientes.
Francisco José de Goya y Lucientes, 30 Maret 1746 - 16 April 1828) adalah seorang pelukis Spanyol dan romantis zaman Renaisans dianggap baik sebagai yang terakhir dari Old Masters dan yang pertama dari modern. Goya adalah pelukis istana ke Crown Spanyol, dan melalui karya-karyanya adalah kedua komentator dan penulis sejarah pada jamannya. Unsur subversif imajinatif dalam seni, serta penanganan cat yang berani, disediakan sebuah model untuk karya generasi selanjutnya dari seniman, terutama Manet, Picasso dan Francis Bacon

Biography :

Goya lahir di Fuendetodos, Aragon, Spanyol, pada tahun 1746 dari Jose Benito de Goya y Franque dan Gracia de Lucientes y Salvador. Ia menghabiskan masa kecilnya di Fuendetodos, dimana keluarganya tinggal di sebuah rumah bantalan puncak keluarga ibunya. Ayahnya, yang asal Basque, mencari nafkah sebagai tukang menyepuh emas 1749, keluarga itu membeli sebuah rumah di kota Zaragoza dan beberapa tahun kemudian pindah ke kesana.. Goya mungkin telah bersekolah di Escuelas Pias. Dia membentuk sebuah persahabatan dekat dengan Martin Zapater saat ini, dan korespondensi mereka dari 1770-an sampai 1790-an adalah sumber berharga untuk memahami awal karir Goya di istana Madrid. Pada usia 14, belajar di bawah Goya pelukis Jose Luzan. Dia pindah ke Madrid di mana ia belajar dengan Anton Raphael Mengs, seorang pelukis yang populer dengan royalti Spanyol. Ia bentrok dengan tuannya, dan pemeriksaan itu tidak memuaskan. Goya mencoba untuk masuk Royal Academy of Fine Art pada tahun 1763 dan 1766, namun ditolak.

Francisco Goya kemudian pindah ke Roma, di mana pada tahun 1771 ia memenangkan hadiah kedua dalam kompetisi lukisan yang diselenggarakan oleh City of Parma. Belakangan tahun itu, ia kembali ke Zaragoza dan melukis bagian kubah dari Basilika Pilar (termasuk Pemujaan Nama Allah), siklus lukisan-lukisan dinding di gereja monastik dari Charterhouse of Aula Dei, dan lukisan dinding dari Sobradiel Palace. Ia belajar dengan Francisco Bayeu y Subias dan lukisannya mulai menunjukkan tanda-tanda tonalities halus yang menjadikannya terkenal.

Goya menikahi Bayeu adik Josefa (dia menjulukinya "Pepa") pada tanggal 25 Juli 1773. Pernikahan ini, dan keanggotaan Francisco Bayeu tentang Royal Academy of Fine Art (dari tahun 1765) membantu Goya untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pelukis desain untuk ditenun oleh Pabrik Tapestry Royal. Di sana, selama lima tahun, ia merancang beberapa pola 42, banyak yang digunakan untuk menghias (dan melindungi) dinding batu telanjang El Escorial dan Palacio Real del Pardo, tempat tinggal yang baru dibangun dari penguasa Spanyol dekat Madrid . Hal ini membawa bakat artistiknya untuk perhatian penguasa Spanyol yang kemudian akan memberinya akses ke istana. Dia juga melukis kanvas untuk altar Gereja San Francisco El Grande di Madrid, yang menyebabkan pengangkatannya sebagai anggota dari Royal Academy of Fine Art.

Perjalanan karir

Pada tahun 1783, Count of Floridablanca, menjadi favorit of Raja Carlos III, menugaskan Goya untuk melukis potret nya. Dia juga menjadi berteman dengan Crown Pangeran Don Luis, dan menghabiskan dua musim panas dengan dia, lukisan potret dari baik Infante dan keluarganya. Selama tahun 1780-an, lingkaran nya dari pelanggan tumbuh untuk menyertakan Duke dan Duchess of Osuna, siapa ia melukis, Raja dan orang-orang terkenal lainnya dari kerajaan. Pada tahun 1786, Goya diberi posisi digaji sebagai pelukis ke Charles III. Setelah kematian of Charles III pada tahun 1788 dan revolusi di Perancis pada 1789, pada masa pemerintahan of Charles IV, Goya mencapai puncaknya nya dari popularitas dengan royalti.

Pada tahun 1789 dibuat pengadilan pelukis untuk Charles IV dan pada tahun 1799 ia diangkat Pengadilan Painter Pertama dengan gaji dari 50.000 reales dan 500 dukat bagi seorang pelatih. Ia melukis Raja dan Ratu tersebut, gambar keluarga kerajaan, potret dari pada Pangeran dari para Perdamaian dan bangsawan lainnya banyak. Potret-Nya yang terkenal untuk keengganan mereka untuk menyanjung, dan dalam kasus of Charles IV of Spanyol dan Keluarga-Nya, kurangnya diplomasi visual adalah luar biasa. penafsir modern telah melihat potret ini sebagai sindiran;. Diperkirakan untuk mengungkapkan korupsi tersebut hadir di bawah Charles IV. Di bawah pemerintahannya istrinya Louisa dianggap telah memiliki kekuatan yang sesungguhnya, yang merupakan mengapa dia ditempatkan di pusat dari potret kelompok. Dari bagian belakang kiri dari lukisan yang Anda dapat melihat artis itu sendiri melihat keluar di penampil, dan lukisan belakang keluarga menggambarkan Lot dan putri-putrinya, dengan demikian sekali lagi menggemakan pesan yang mendasari dari korupsi dan pembusukan.

Goya menerima perintah banyak dari dalam bangsawan Spanyol. Di antara mereka yang berasal dari siapa ia diperoleh potret komisi adalah Pedro Tellez-Giron, 9th Duke of Osuna dan istrinya María Josefa Pimentel, Countess Duchess-12th of Benavente, María del Pilar de Silva, Duchess ke-13 of Alba (universal dikenal hanya sebagai tersebut Duchess " of Alba "), dan suaminya José María Álvarez de Toledo, Duke ke-15 of Medina Sidonia, dan María Ana de Pontejos y Sandoval, Marchioness of Pontejos.

Goya dan Pengadilan Spanyol

Melalui seniman Anton Mengs Jerman Raphael, Goya mulai menciptakan karya untuk keluarga kerajaan Spanyol. Dia pertama kali melukis kartun permadani, yang karya seni yang berfungsi sebagai model untuk permadani tenun, untuk pabrik di Madrid. Karya-karya ini menampilkan adegan-adegan dari kehidupan sehari-hari, seperti "The Parasol" (1777) dan "The Penjual Pottery" (1779).

Pada 1779, Goya memenangkan janji sebagai pelukis ke istana. Ia terus meningkat dalam status, menerima masuk ke Royal Academy of San Fernando tahun berikutnya. Goya mulai membangun reputasi sebagai seorang seniman potret, memenangkan komisi dari banyak kalangan kerajaan. Pekerjaan, seperti "The Duke dan Duchess of Osuna dan Anak mereka" (1787-1788), menggambarkan mata Goya untuk detail. Dia terampil menangkap unsur-unsur terkecil dari wajah mereka dan pakaian.

Pada tahun 1792, Goya menjadi benar-benar tuli setelah menderita penyakit yang tidak diketahui. Dia mulai bekerja pada bintara lukisan selama pemulihan, termasuk potret perempuan dari semua lapisan masyarakat. Gayanya agak berubah juga.

Melanjutkan berkembang secara profesional, Francisco Goya menjadi direktur Royal Academy pada tahun 1795. Dia mungkin telah menjadi bagian dari pembentukan kerajaan, namun ia tidak mengabaikan penderitaan rakyat Spanyol dalam karyanya. Beralih ke etsa, Goya menciptakan serangkaian gambar yang disebut "Los Caprichos" pada 1799, yang telah dilihat komentarnya tentang peristiwa politik dan sosial. The 80 cetakan menjelajahi korupsi, keserakahan, dan penindasan yang merajalela di negeri ini.

Bahkan dalam pekerjaan resminya, Francisco Goya diduga telah melemparkan mata kritis pada rakyatnya. Ia melukis keluarga Raja Charles IV sekitar 1800, yang tetap menjadi salah satu karyanya yang paling terkenal. Beberapa kritikus berkomentar bahwa potret ini tampaknya menjadi lebih karikatur dari sebuah potret realis.

Francisco Goya juga digunakan saat ini catatan seni tentang sejarah negara itu. Pada 1808, Perancis, yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte, menginvasi Spanyol. Napoleon memakai saudaranya Yusuf sebagai pemimpin baru negara itu. Sementara ia tetap menjadi pelukis istana di bawah Napoleon, Goya menciptakan serangkaian lukisan yang menggambarkan kengerian perang. Setelah royalti Spanyol kembali tahta pada tahun 1814, ia kemudian melukis "The Third Mei,

Akhir Tahun

Dengan Ferdinand VII sekarang dalam kekuasaan, Goya terus posisinya di pengadilan Spanyol meski telah bekerja untuk Joseph Bonaparte. Ferdinand dikabarkan pernah mengatakan bahwa Goya "Kamu layak garroted, tapi Anda seorang seniman besar sehingga kami memaafkanmu." Lainnya di Spanyol tidak begitu beruntung sebagai raja berusaha untuk tindakan keras terhadap kaum liberal yang berusaha untuk membuat negara negara hukum.

Meskipun risiko pribadi, Goya menyatakan ketidakpuasan dengan aturan Ferdinand dalam serangkaian lukisan yang disebut "Los disparates." Karya-karya ini menampilkan tema karnaval dan kebodohan dieksplorasi, nafsu, usia tua, penderitaan dan kematian di antara isu-isu lainnya. Dengan citra aneh nya, Goya tampaknya menggambarkan absurditas zaman.

Iklim politik yang kemudian menjadi begitu tegang bahwa Goya rela pergi ke pengasingan pada tahun 1824. Meskipun kesehatannya yang buruk, Goya pikir dia mungkin lebih aman di luar Spanyol. Goya pindah ke Bordeaux, Prancis, di mana dia menghabiskan sisa hidupnya. Selama waktu ini, ia terus melukis. Beberapa karya-karyanya berikutnya termasuk potret teman-teman juga tinggal di pengasingan. Goya meninggal pada tanggal 16 April 1828, di Bordeaux, Prancis.

Francisco De Goya - The complete works by Francisco De Goya y Lucientes ECards, biography, more than 580 images, user comments, slideshow and more!

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

Francisco De Goya Painting

senirupa

0 comments:

Tuliskanlah pikiran anda

Berbagi dan beritahu kami apa yang anda pikirkan tentang seni dan inspirasi... !

Subscribe

Get update via Email
Masukkan email anda untuk mendapatkan posting terbaru lewat email, & jangan lupa klik link aktifasi di email anda supaya aktif
senirupa feedburner
 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat