Welcome to Blog Senirupa

Lukisan Affandi Barong dan Rangda

Posted by : Posted on Wednesday, 2 April 2014 - 20:14 with No comments

Lukisan Affandi Barong dan Rangda
Lukisan Affandi Barong dan Rangda adalah sebuah lukisan yang melambangkan pertarungan antara kejahatan dan kebaikan. Sebuah barong bergoyang dengan menari (pelindung makhluk seperti singa) mendominasi sebelah kanan dari dua pertiga komposisi lukisan affandi yang dinamis ini. Personifikasi kejahatan, rangda (janda - penyihir), dengan taring yang panjang dan mata menonjol, yang terdapat di sebelah kiri. Bersama-sama mereka melambangkan pertempuran yang tidak pernah akan berakhir antara positif dan negatif, baik dan buruk dalam kekuatan kosmos. Dalam pertunjukan tari ritual yang diselenggarakan di halaman luar pura di Bali, mereka memperlihatkan satu sama lain dalam eksrpesi konfrontasi yang agak keras, rambut panjang mereka berputar-putar. Sebuah payung digambarkan di atas barong sebagai tanda kehormatan dan rasa hormat. Rangda memegang kain putih di tangannya, kuat sebagai senjata simbolis kekuatan magis bahwa dengan gelombang yang tiada henti darinya membuat musuh mereka tak berdaya, sebagaimana dalam hidup ini perjuangan melawan kejahatan, tantangan ataupun godaan tidak pernah berhenti, dan mereka datang silih berganti.
Affandi (1907 - 1990 , Cirebon , Jawa Barat ) adalah seorang seniman otodidak. Dari 1951-1956 ia melakukan perjalanan di seluruh India, Inggris, Belanda, Belgia, Perancis, dan Italia. dia mengajarkan lukisan dan patung pada Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) di Yogyakarta, Jawa Tengah. Pada tahun 1973 Museum Affandi didirikan diatas kediamannya di Yogyakarta. Affandi adalah seorang pelukis dengan gaya ekspresionis dan dinamis dan menciptakan karya-karyanya dengan cat yang sangat tebal yang diperas langsung dari tube kedalam kanvas, atau dengan diolesi ketangannya.
Lukisan Affandi  "Barong dan Rangda"
Oil on Canvas
104 x 172 cm
senirupa

0 comments:

Tuliskanlah pikiran anda

Berbagi dan beritahu kami apa yang anda pikirkan tentang seni dan inspirasi... !

Subscribe

Get update via Email
Masukkan email anda untuk mendapatkan posting terbaru lewat email, & jangan lupa klik link aktifasi di email anda supaya aktif
senirupa feedburner
 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat