Welcome to Blog Senirupa

Edouard Manet

Posted by : Posted on Wednesday, 15 January 2014 - 12:16 with No comments

Karya Lukisan Edouard Manet

Biografi :

Edouard Manet lahir di Paris pada tanggal 23 Januari 1832, dari keluarga kaya dan terhubung dengan baik. Ibunya, Eugenie - Desiree Fournier, adalah putri seorang diplomat dan putri baptis dari Swedia putra mahkota Charles Bernadotte, adalah keturunan raja Swedia. Ayahnya, Auguste Manet, seorang hakim Prancis yang mengharapkan Edouard untuk mengejar karir di bidang hukum. Pamannya, Edmond Fournier, mengenali bakat kecil Edouard itu, mendorong minatnya pada seni, sering membawanya Louvre. mendorong dia untuk mengejar lukisan dan mengambil Manet muda untuk Louvre. Pada tahun 1841 ia terdaftar di sekolah menengah, College Rollin. Pada tahun 1845, atas saran dari pamannya, Manet terdaftar dalam kursus khusus menggambar di mana ia bertemu Antonin Proust, masa depan Menteri Seni Rupa dan teman seumur hidup berikutnya.

Atas saran ayahnya, pada tahun 1848 ia berlayar di kapal pelatihan untuk Rio de Janeiro. Setelah ia dua kali gagal dalam ujian untuk bergabung dengan Angkatan Laut, ayahnya mengalah dengan keinginannya untuk mengejar pendidikan seni. Dari 1850-1856, Manet belajar di bawah pelukis akademis Thomas Couture. Dalam waktu luangnya, Manet dibimbing empu tua di Louvre .

Dari tahun 1853-1856 ia mengunjungi Jerman, Italia, dan Belanda, selama waktu itu dia dipengaruhi oleh pelukis Belanda Frans Hals, dan seniman Spanyol Diego Velazquez dan Francisco Jose de Goya.

Pada tahun 1856, Manet membuka studio. Gayanya dalam periode ini ditandai dengan sapuan kuas longgar, penyederhanaan rincian dan penekanan nada transisi. Mengadopsi gaya saat realisme diprakarsai oleh Gustave Courbet, ia melukis The Absinthe Drinker ( 1858-1859 ) dan mata pelajaran kontemporer lainnya seperti pengemis, pengamen, Gipsi, orang-orang di kafe, dan adu banteng. Ia menikah dengan Suzanne Leenhoff pada tahun 1863. 20 tahun terakhir hidup Manet melihatnya membentuk ikatan dengan seniman-seniman besar lain waktu, dan mengembangkan gayanya sendiri yang akan digembar-gemborkan sebagai inovatif dan melayani sebagai pengaruh besar bagi pelukis masa depan.

Seorang tokoh penting dalam transisi dari Aliran Realisme ke Impresionisme, Edouard Manet adalah pelukis berpengaruh yang meninggalkan jejak unik sendiri di dunia seni. Pada tahun 1856, di awal tiga puluhan, Manet membuka studio sendiri. Ia mulai melukis dengan gaya kuasi- realis, yang beralih ke gaya yang lebih impresionis ketika dia bertemu pelukis Berthe Morisot, yang terkenal dia untuk lingkaran teman-temannya pelukis impresionis, termasuk Claude Monet, Pierre - Auguste Renoir, dan Edgar Degas, dan plein teknik melukis udara mereka. Banyak dari karya Manet berkisar pada penggambaran kegiatan rekreasi, termasuk pengamatan kehidupan sosial di semua kelas, dari balap kuda borjuis untuk pelacur minum, ke jalan-jalan Paris dan berperahu layar, banyak yang terbuat dari sketsa dilakukan di tempat.

Gaya lukisan Edouard Manet merupakan inspirasi bagi perkembangan seni rupa moderen. Ia memulai penggunaan pewarnaan secara datar, menghindari gelap-terang khiaroskuro yang tradisional. Tema lukisan Manet banyak mengacu pada realisme Courbet. Ia juga dianggap sebagai salah satu seniman yang memunculkan gagasan seni untuk seni, bahwa goresan kuas dan warna merupakan unsur pokok dari realitas lukisan. Manet merupakan tokoh penting bagi pelukis-pelukis muda yang dikenal sebagai kelompok Impresionis. Meskipun ia tidak pernah secara formal sebagai Impresionis, karya-karya akhirnya menunjukkan ciri khas Aliran Impresionisme, yaitu penggunaan warna cerah.

Karya Manet, Luncheon on the Grass (1863), menggambarkan orang laki-laki berpakaian rapi sedang duduk di rerumputan bersama seorang wanita telanjang. Tema lukisan itu jelas tidak dimaksudkan sebagai suatu alegori, tetapi diletakkan dalam kehidupan nyata. Lukisan itu dianggap memalukan oleh banyak kritikus Perancis pada waktu itu, karena isinya yang tidak senonoh itu.


Karya Lukisan Edouard Manet
Luncheon on the Grass Karya Lukisan Edourd Manet
Komposisi dan figur telanjang pada lukisan Manet bersumber pada seni rupa klasik. Lukisan itu didasarkan pada engraving Renaisans karya Marcantonio Raimondi, yang selanjutnya bersumber pada karya gambar Raphael (Judgment of Paris). Karya Raphael bersumber pada relief yang menggambarkan figur-figur dewi-dewi sungai yang sedang berbaring. Konsep asli figur telanjang yang ideal masih tampak pada lukisan Manet.

Lukisan Manet yang berjudul Olympia (1863) juga menampilkan figur wanita telanjang dalam konteks nyata. Lukisan mengingatkan karya Raphael Venus of Urbino, namun dimaksudkan sebagai potret seorang pelacur yang sangat terkenal di Paris. Seraya berbaring di tempat tidurnya wanita itu menampilkan tatapan yang ramah dan tanpa malu.

Karya Lukisan Edouard Manet
Karya Lukisan Edouard Manet "Olympia"

Meskipun karyanya impresionis, ia menolak keterlibatan dengan gaya lukisan tertentu, dan dengan demikian lebih disukai untuk menyajikan karya-karyanya ke Salon of Paris daripada banyak pameran impresionis. Pada tahun 1875, beberapa lukisannya termasuk dalam edisi buku - panjang Edgar Allen Poe The Raven dan pada 1881, ia dianugerahi Legion of Honor oleh pemerintah Perancis. Manet meninggal sebelas hari setelah amputasi kaki kirinya akibat gangren, akibat komplikasi sifilis dan rematik, yang telah begitu buruk untuk menyebabkan kelumpuhan parsial di tahun-tahun menjelang kematiannya .

Berikut beberapa Gambar Karya Lukisan  Edouard Manet yang bisa anda apresiasi :

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet


Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Karya Lukisan Edouard Manet

Untuk mengetahui judul dan tahun pembuatan dari Karya - Karya Lukisan Edouard Manet diatas, anda dapat melihatnya pada nama file Gambar Lukisan diatas. Salam

senirupa

Ditulis Oleh : seni rupa | Title: Edouard Manet

0 comments:

Tuliskanlah pikiran anda

Berbagi dan beritahu kami apa yang anda pikirkan tentang seni dan inspirasi... !

Subscribe

Get update via Email
Masukkan email anda untuk mendapatkan posting terbaru lewat email, & jangan lupa klik link aktifasi di email anda supaya aktif
senirupa feedburner
 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat