Welcome to Blog Senirupa

Graphic Design

Posted by : Posted on Thursday, 14 November 2013 - 16:02 with No comments

graphic design

Posting kali ini saya ingin membahas sedikit tentang Graphic Design, sebab terkadang kita sebagai pelaku senirupa kadang bingung memberi batasan antara senirupa "fineart", Seni Periklanan, Senirupa Murni, Senirupa Terapan, dan Graphic Design. namun disini saya mungkin akan lebih banyak membahas tentang graphic design sebagaimana judul dari posting ini.
Graphic design adalah merupakan salahsatu cabang senirupa yang masuk kategori senirupa terapan dimana proses penciptaannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu, berbeda dengan seni murni yang betul-betul proses pembuatannya mengungkapkan ekspresi jiwa sisenimannya.
Desain grafis atau yang lebih dikenal dengan GRAPHIC DESIGN adalah suatu proses kreatif yang paling sering melibatkan klien dan designer, dan biasanya diselesaikan dalam hubungannya dengan produsen.  yang fungsinya untuk menyampaikan pesan tertentu yang ditargetkan kepada penonton atau konsumen. "Graphic Design" yang luas juga dapat merujuk ke sejumlah disiplin artistik dan profesional yang fokus pada komunikasi visual dan presentasi. graphic design juga secara keseluruhan sering disebut sebagai Komunikasi Visual atau Desain Komunikasi yang lebih dikenal diperkuliahan dengan istilah DESKOMVIS. Berbagai metode digunakan untuk membuat dan menggabungkan kata-kata, simbol, dan gambar untuk membuat representasi visual dari ide dan pesan. Seorang desainer graphic design dapat menggunakan kombinasi tipografi, seni visual dan teknik tata letak halaman untuk menghasilkan hasil akhir. graphic design sering merujuk pada kedua proses (merancang) oleh komunikasi yang diciptakan dan produk (desain) yang dihasilkan.

Penggunaan umum desain grafis mencakup identitas (logo dan branding), publikasi (majalah, koran, dan buku), iklan dan kemasan produk. Sebagai contoh, paket produk mungkin termasuk logo atau karya seni lainnya, teks terorganisir dan elemen desain murni seperti bentuk dan warna yang menyatukan potongan. Komposisi adalah salah satu fitur yang paling penting dari graphic design, terutama ketika menggunakan yang sudah ada bahan atau unsur-unsur yang beragam.
graphic design pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang design. Graphic Design bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.(id.wikipedia.org)

Graphic Design sebagai suatu disiplin ilmu memiliki sejarah yang relatif baru, dengan "Graphic Design" adalah istilah yang pertama kali diciptakan oleh William Addison Dwiggins pada tahun 1922, Graphic Design seperti kegiatan span sejarah manusia: dari gua-gua Lascaux, ke rumah Roma Trajan Column terhadap manuskrip dari Abad Pertengahan. Dalam kedua hal ini sejarah panjang dan dalam ledakan relatif baru dari komunikasi visual dalam abad ke-20 dan ke-21, kadang-kadang ada perbedaan kabur dan tumpang tindih seni periklanan, graphic design dan seni rupa. Setelah semua, mereka berbagi banyak elemen yang sama, teori, prinsip, praktik, dan bahasa. Dalam seni periklanan tujuan akhir adalah penjualan barang dan jasa. Dalam Graphic Design, "adalah esensi untuk memberikan suatu informasi dalam bentuk ide-ide visual, ekspresi dan perasaan sehingga penonton tertarik dan bisa memahami apa yang tersampaikan dalam graphic design tersebut. Batasan antara Seni periklanan dengan Graphic Design itu sangatlah tipis, bahkan kadang-kadang disamakan.

Aplikasi Graphic Design juga dapat membantu dalam menjual produk atau ide melalui komunikasi visual yang efektif. Hal ini diterapkan untuk produk dan elemen identitas perusahaan seperti logo, warna, kemasan, dan teks. .....Jika ada saran dan masukan rekan-rekan tentang istilah graphic design silahkan berkomentar dibawah, sebab saya sendiri sangat awam dalam dunia graphic design,. disini sebagai admin blog hanya sekedar menyalurkan hobby saja.. Sekian.


senirupa

Ditulis Oleh : seni rupa | Title: Graphic Design

0 comments:

Tuliskanlah pikiran anda

Berbagi dan beritahu kami apa yang anda pikirkan tentang seni dan inspirasi... !

Subscribe

Get update via Email
Masukkan email anda untuk mendapatkan posting terbaru lewat email, & jangan lupa klik link aktifasi di email anda supaya aktif
senirupa feedburner
 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat