Welcome to Blog Senirupa

Karya Lukisan S. Sudjojono Pantai Carita

Diposkan oleh : Posted on Jumat, 25 Januari 2013 - 13.10 with 2 comments

Karya Lukisan S. Sudjojono Pantai Carita
Karya Lukisan S. Sudjojono sebagai salah satu Maestro pelukis indonesia memiliki karakter Goresan ekspresif dan sedikit bertekstur, goresan dan sapuan Cat diatas Kanvas bagai dituang begitu saja, Pada periode sebelum kemerdekaan, karya lukisan S.Sudjojono banyak bertema tentang semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajahan Belanda, namun setelah jaman kemerdekaan kemudian Karya Lukisan S. Sudjojono banyak bertema tentang pemandangan Alam, Bunga, aktifitas kehidupan masayarakat, dan cerita budaya. salah satu contoh dari Karya Lukisan S. Sudjojono yang pernah saya bagikan pada posting yang lalu yang berjudul penjual buah, dan yang saya bagikan dihadapan anda saat ini berjudul "Pantai Carita".

Tampaknya S. Sudjojono terpesona akan keindahan pantai Carita yang berpasir putih, keindahan dan pesona pantai carita telah menginspirasi Beliau untuk menciptakan sebuah karya seni tinggi, sebuah lukisan tentang keindahan yang ada dipantai Carita. Nampak dalam Karya Lukisan S. Sudjojono Pantai Carita objek-objek perahu layar, serta suasana keramaian dari para pengunjung / wisatawan yang sedang bermain, hanyut dalam kegembiraan diantara riak ombak kecil yang berpadu dengan keindahan pasir putih dan rindangnya pohon-pohon kelapa yang ada dipinggiran Pantai Carita tersebut.

Pantai Carita sendiri adalah sebuah pantai di pesisir barat provinsi Banten, Indonesia. Pantai ini merupakan obyek pariwisata pantai di Indonesia yang cukup terkenal selain Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong dan Pantai Tanjung Lesung. Pantai Carita merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Pandeglang, pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih sehingga membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari mancanegara. Pantai Carita kaya akan sumber daya alamnya. Hamparan tepian yang amat landai dengan ombak laut yang kecil dan lembut menyapu di sepanjang pantai, dipadu dengan pemandangan Gunung Krakatau.

Sementara S. Sudjojono sendiri lahir di Kisaran, Sumatera Utara pada tanggal 14 Desember 1913, dan wafat  di Jakarta 25 Maret 1985. S. Sodjojono lahir dari keluarga transmigran asal Pulau Jawa. Ayahnya, Sindudarmo, adalah mantri kesehatan di perkebunan karet Kisaran, Sumatera Utara, beristrikan seorang buruh perkebunan. Ia lalu dijadikan anak angkat oleh seorang guru HIS, Yudhokusumo. Oleh bapak angkat inilah, Djon (nama panggilannya) diajak ke Jakarta (waktu itu masih bernama Batavia) pada tahun 1925. Ia menamatkan HIS di Jakarta, lalu melanjutkan SMP di Bandung, dan menyelesaikan SMA di Perguruan Taman Siswa di Yogyakarta. Di Yogyakarta itulah ia sempat belajar montir sebelum belajar melukis kepada R.M. Pringadie selama beberapa bulan. Sewaktu di Jakarta, ia belajar kepada pelukis Jepang, Chioji Yazaki.
senirupa

2 komentar:

  1. apa benar itu lukisan itu dilukis oleh S. Sudjojono?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar masbro.. itu karya s.sudjojono,.. disitu jelas sekali dari tanda tangan dan tanggal pembuatannya...

      Hapus

Jika ada masalah, kami harap agar membaca dulu komentar yang masuk, barangkali aja masalah anda sudah kami jawab, sebab kami tidak akan menjawab lagi komentar dengan permasalahan yang sama... salam

 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat