Welcome to Blog Senirupa

Karya Lukisan Hendra Gunawan

Posted by : Posted on Tuesday, 15 January 2013 - 19:33 with 4 comments

Karya Lukisan Hendra Gunawan
Perempuan dan Rajungan Karya Lukisan Hendra Gunawan
Karya Lukisan yang berjudul Perempuan dan Rajungan diatas adalah salah satu dari Sekian banyak Karya Lukisan Hendra Gunawan. Hendra Gunawan sendiri dikenal sebagai salah satu maestro Pelukis Indonesia pada jaman pendudukan Jepan, dan dia banyak belajar dari Pelukis Besar Expresionis Affandi.

Biografi :

Hendra Gunawan Dilahirkan pada tanggal 11 Juni 1918 di kota Bandung, Jawa Barat dan Wafat di Denpasar Bali pada tanggal 17 bulan Juli tahun 1983. Hendra Gunawan lebih dikenal sebagai seorang pelukis, namun dia juga merupakan seniman penyair, pematung dan juga pejuang gerilya. Selama masa mudanya ia bergabung dengan tentara pelajar dan merupakan anggota aktif dari Poetera (Pusat Tenaga Rakyat) dan organisasi yang dipimpin oleh Sukarno dan lain-lain. Ia juga aktif dalam Persagi (Asosiasi Pelukis Indonesia, sebuah organisasi yang didirikan oleh S. Soedjojono dan Agus Djaya pada tahun 1938.

Perjalanan Karier :

Dalam kehidupan Hendra Gunawan cukup beruntung karena dia sempat masuk sekolah dan belajar melukis pada Wahdi, seorang pelukis pemandangan. Dari Wahdi, ia banyak menggali pengetahuan tentang melukis. Kegiatannya bukan hanya melukis semata, tetapi pada waktu senggang ia menceburkan diri pada grup sandiwara Sunda sebagai pelukis dekor. Dari pengalaman itulah, ia mengasah kemampuannya.
Pertemuannya dengan Affandi merupakan fase dan sumber inspirasi jalan hidupnya untuk menjadi seorang pelukis. Dengan didasari niat yang tulus dan besar, ia memberanikan diri melangkah maju. Bermodalkan pensil, kertas, kanvas dan cat ia mulai berkarya. Komunitas dari pergaulannya ikut mendukung dan terus mendorongnya untuk berkembang. Keberaniannya terlihat ketika ia membentuk Sanggar Pusaka Sunda pada tahun 1940-an bersama pelukis Bandung dan pernah beberapa kali mengadakan pameran bersama.
Revolusipun pecah, Hendra ikut berjuang. Baginya antara melukis dan berjuang sama pentingnya. Pengalamannya di front perjuangan banyak memberi inspirasi baginya. Dari sinilah lahir karya-karya lukisan Hendra yang revolusioner. Lukisan “Pengantin Revolusi”, disebut-sebut sebagai karya empu dengan ukuran kanvas yang besar, tematik yang menarik dan warna yang menggugah semangat juang. Nuansa kerakyatan menjadi fokus dalam pemaparan lukisannya.

Akhir Hayat :

Selain aktif dalam kegiatan melukis, Hendra Gunawan juga aktif dalam kegiatan seni rupa yang lain seperti seni patung. Salah satu karya Seni Patung Hendra Gunawan yang masih bisa dijumpai saat ini jika kita berkunjung ke kota Yogyakarta. Di halaman gedung kantor DPRD Yogyakarta, berdiri sebuah patung batu Jendral Sudirman yang merupakan hasil pahatan dari Hendra Gunawan.

Pelukis yang merupakan sahabat dekat penyair terkenal Indonesia Chairil Anwar ini lebih memilih Bali sebagai tempatnya menghabiskan waktu usai menjalani masa penahanan. Karena, Bali merupakan tempat para seniman besar yang sudah banyak dikenal sepereti Umbu Landu Paranggi, seorang penyair asal Sumba yang juga berdiam di Bali. Umbu sangat menghormati Hendra Gunawan, sebab selain kemampuannya di bidang seni rupa, Hendra Gunawan ternyata juga mempunyai kemampuan dibidang sastra, terbukti dengan karya-karya puisi yang telah diciptakannya.

Karya terakhir Hendra Gunawan adalah lukisan tentang tenggelamnya kapal Tampomas. Namun, di tangan Hendra Gunawan, kisah tentang kapal itu digambarkannya dengan potret diri yang diserbu oleh ribuan ikan. Namun, hingga akhir hayatnya lukisan tersebut tidak sempat diselesaikannya sebab Hendra Gunawan yang usianya mulai merambat senja harus meninggalkan dunia sebelum lukisan itu berhasil diselesaikan.
Hendra Gunawan kemudian menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 17 Juli 1983 di Rumah Sakit Umum Sanglah, Denpasar, Bali. Pemakaman Muslimin Gang Kuburan di Jalan A. Yani, Purwakarta menjadi tempat peristirahatan salah satu pelukis maestro Indonesia ini.

Karya Lukisan Hendra Gunawan :

Dibawah ini beberapa karya lukisan dan sketsa yang telah diciptkan oleh pelukis Hendra Gunawan.



Karya Lukisan Hendra Gunawan
Bisikan Iblis Karya Lukisan Hendra Gunawan
Karya Sketsa Hendra Gunawan
Sketsa Karya Hendra Gunawan

Karya Lukisan Hendra Gunawan
Perempuan Menjual Ayam karya lukisan Hendra Gunawan

Karya Lukisan Hendra Gunawan
Pasar dipinggir laut karya lukisan hendra gunawan

Karya Lukisan Hendra Gunawan
Jual Beli dipasar karya lukisan hendra gunawan

senirupa

Ditulis Oleh : seni rupa | Title: Karya Lukisan Hendra Gunawan

4 comments:

  1. terima kasih kepada blog-senirupa.blogspot.com,,
    Kaarena dengan artikel dari sini saya mendapat bahan untuk menulis karya tulis saya mengenai seniman Hendra Gunawan.
    Jika berkenan, bolehkah saya mendapat pengetahuan lebih mengenai Hendra Gunawan dari blog-senirupa.blogspot.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Referensi yg saya punya tentang hendra gunawan juga terbatas masbro (seperti yg anda baca diatas), itu saya kumpulkan dari berbagai sumber,.. coba aja digugel masbro,.. barangkali ada temen2 bloger yang lain yang jg ngepost tentang hendra gunawan.. salam

      Delete
  2. Saya punya 2 lukisan Hendra Gunawan, Salah satunya di balik lukisan anda catatan terimakasih untuk seseorang di sertai tanda tangan, Adakah kolektor lukisan yg mau beli, saya mau niat jual satu saja.

    ReplyDelete

Jika ada masalah, kami harap agar membaca dulu komentar yang masuk, barangkali aja masalah anda sudah kami jawab, sebab kami tidak akan menjawab lagi komentar dengan permasalahan yang sama... salam

Subscribe

Get update via Email
Masukkan email anda untuk mendapatkan posting terbaru lewat email, & jangan lupa klik link aktifasi di email anda supaya aktif
senirupa feedburner
 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat