Cara Membuat Patung dari Gips (gypsum) - SENI RUPA
Welcome to Blog Senirupa

Cara Membuat Patung dari Gips (gypsum)

Diposkan oleh : Posted on Kamis, 24 Januari 2013 - 11.54 with 17 comments

Patung Gips (gypsum)

Cara Membuat Patung dari Gips (gypsum)

Salah satu patung unik yang bisa dibentuk melalui proses yang mudah adalah patung berbahan gips. Gips termasuk jenis benda buatan, bertekstur kasar dan keras, serta berwarna putih mirip bata putih. Namun, gips dalam senirupa pahat tergolong benda dengan struktur materi yang lunak, karena mudah dibentuk. Hal ini berbeda dengan batu atau kayu yang struktur materinya keras. Gips bisa dibentuk menjadi patung dengan aneka model, termasuk relief atau ornamen ukir.

Cara Membuat :

Untuk membuat patung gips, bahan dan alat yang dibutuhkan, yaitu sebagai berikut.
a. Serbuk gips (biasanya tersedia di toko-toko bangunan), sediakan secukupnya.
b. Pahat (bisa pahat ukir atau pahat grafis). Bila tidak ada, bisa diganti pisau kecil atau cutter besar.
c. Botol air mineral atau wadah berbahan plastik lainnya, untuk mencetak serbuk gips.
d. Palu pahat ringan. Bila tidak ada, bisa diganti benda lain yang berfungsi untuk pemukul pahat.


Alat dan Bahan Patung Gips

Gips untuk pembuatan patung ini harus dibentuk terlebih dahulu melalui suatu proses, karena bentuk asalnya
berupa serbuk. Tahapan membuat patung sebagai berikut :
a. Sebelum membuat patung, buat desain terlebih dulu.
b. Botol plastik dipotong bagian ujungnya, lalu serbuk gips dimasukkan kira-kira 3/4 ukuran botol.


c. Masukkan air ke dalam botol hingga penuh. Aduk sejenak untuk meratakannya.



d. Biarkan campuran dalam botol tersebut beberapa lama hingga campuran gips berubah menjadi zat padat.
e. Sayat atau sobek cetakan botol plastik dari gips dengan menggunakan cutter untuk melepas cetakan.




 Selanjutnya gips padat bisa dibentuk sesuai desain yang dibuat 

senirupa

17 komentar:

  1. saya sering buat nih waktu masih sekolah dulu, walah hasilnya gak seberapa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus tuch masbro... bisa dikembangkan..

      Hapus
  2. bagus mas bro. Inspiratif...

    BalasHapus
  3. Pada saat mengukir terjadi kesalahan, bisa ditambal ngga? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja gan.. tapi agak ribet coz bahan penambal harus siap. bahanx kan mudah kering,.. jadi kreatif aja gan..

      Hapus
  4. kalo gak ada pahatannya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kreatif aja adinda,.. pake cutter ato paku jg bisa.. ato besi pipih yang laen

      Hapus
  5. kalau kita buat vas dari bubur kertas dan dilapisi pake gypsum bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa adinda,.. dicampur jg bisa

      Hapus
  6. kalo mau buat cetakan bahannya dari ap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung mo buat cetakan apaan masbro,. klo kami biasa membuat cetakan dengan fyberglass,. biasa juga pake lem Silicon,. atau keduanya digabung (maksudx dipakai dua2 nya)..

      Hapus
    2. pernah coba pake silicon hasilnya kurang bgus,,,hasilnya ada lubang2 kecil???kalo fyberglass blm pernah,,,caranya gmn?

      Hapus
    3. Klo masalah lubang2 kecil pd lem silicon tergantung cara mengolesx masbro,. biasa kami pake sampho atau sabun colek ditangan seblum mengoles,. trus kelebihan silicon hasilnya sangat detail dan elastis, jadi hasil cetakan yang membutuhkan sifat detail dan elastis seperti TELINGA, MULUT, DLL. misalnya sangat cocok.. klo fyberglass sifatx keras setelah kering,. jadi kami biasa gunakan dgn menggabung lem silicon untuk bagian tertentu.. cara pakai fyberglass mudah ko.. tinggal campur RESING sama KATALIS,.. jadi dech..

      Hapus
  7. boleh nanya gak???? apa serbuk gips dengan gypsum yg biasa dipakai di atap itu sama gak??

    BalasHapus
  8. Permisi boleh tanya? Kalau cetakannya menggunakan topeng"an anak kecil apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa masbro,. cetakan terserah, tapi hrs diingat,. cetakan harus dilapisi dgn pelumas biar gampang lepas, bisa pake sabung colek, shampo atau minyak... trus cetakan jgn sampe ada lubang yg semakin kedalam smakin besar, sperti botol aqua diatas, krena cetakan tersebut akan sekali pakai atau dirusak untuk mengeluarkan cetakan..

      Hapus

Jika ada masalah, kami harap agar membaca dulu komentar yang masuk, barangkali aja masalah anda sudah kami jawab, sebab kami tidak akan menjawab lagi komentar dengan permasalahan yang sama... salam

 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat