Welcome to Blog Senirupa

Art Gallery Jacques Louis David

Diposkan oleh : Posted on Kamis, 24 Januari 2013 - 17.27 with No comments

Self Portrait
Jacques Louis David
Jacques Louis David (1748-1825) adalah pelukis neoklasik oil paintings yang tekun mengikuti kaidah akademisme yang bersumber pada kesenian (kebudayaan) klasik dengan beberapa pembaruan, terutama dalam tema dan estetika. Tema seni tidak lagi sepenuhnya berdasarkan pesanan penguasa, walaupun kaidah klasik yang sangat teknis tetap merupakan tali belenggu terhadap kebebasan seniman - art.
Neoklasik menggunakan pendekatan intelektual dalam berkarya, dan hal ini dipertahankan oleh David beserta pengikutnya. Bahkan David sempat mendirikan akademi untuk membina dan mengembangkan tradisi art (klasik). Karya David, teman, dan muridnya memperlihatkan corak teknik, estetika, dan tema yang memperlihatkan kesamaan gaya dan konsistensinya pada kaidah klasik.
berikut adalah biography singkat Jacques Louis David yang sempat saya himpun dari berbagai sumber :
Jacques Louis David dilahirkan dalam sebuah keluarga sejahtera di Paris pada 30 Agustus 1748. Ketika ia berusia sekitar sembilan tahun ayahnya tewas dalam duel dan ibunya meninggalkannya dengan pamannya yang bekerja sebagai arsitek. dia masuk di Sekolah Tinggi des Quatre-Nations, tapi dia tidak pernah menjadi murid yang baik: ia memiliki tumor wajah yang selalu menghambatnya, dan dia selalu sibuk dengan menggambar. Dia menutupi buku catatannya dengan drawings, dan dia pernah berkata, "Aku selalu bersembunyi di balik kursi instruktur, menggambar selama dikelas". dia juga pergi untuk belajar dari Francois Boucher, pelukis terkemuka saat itu, yang juga saudara jauh. Boucher adalah seorang pelukis Rococo.

Ia pergi ke Italia dengan Vien pada 1775, Vien telah ditunjuk sebagai direktur dari Akademi Perancis di Roma. Sementara di Italia, David mengamati karya Italia dan reruntuhan Roma kuno. David mengisi dua belas sketsa dengan materi yang berasal dari selama sisa hidupnya. Dia bertemu pelukis awal berpengaruh Mengs neoklasik Raphael dan melalui Mengs diperkenalkan dengan teori pathbreaking sejarawan seni Johann Joachim Winckelmann. Sementara di Roma, ia belajar guru besar, dan datang untuk mendukung atas semua Raphael orang lain. Pada 1779, David bisa melihat reruntuhan Pompeii, dan dipenuhi dengan heran. Setelah ini, ia berusaha untuk merevolusi dunia seni dengan "abadi" konsep klasikisme.

Sesama siswa Daud di akademi ia sulit untuk bergaul, tapi mereka mengakui kejeniusannya. David diizinkan menginap di Akademi Perancis di Roma untuk satu tahun ekstra, tapi setelah 5 tahun di Roma, ia kembali ke Paris. Di sana, ia menemukan orang siap untuk menggunakan pengaruhnya untuk dia, dan ia diangkat menjadi anggota Royal Academy. Dia mengirim Academy dua lukisan, dan keduanya termasuk dalam Salon dari 1781, sebuah kehormatan yang tinggi. Ia dipuji oleh pelukis terkenal kontemporer, tetapi administrasi Royal Academy sangat memusuhi ini seniman muda. Setelah Salon, Raja Daud diberikan penginapan di Louvre, suatu hak istimewa yang diinginkan banyak seniman besar. kontraktor bangunan Raja, M. Pecol meminta David untuk menikahi putrinya, Marguerite Charlotte. Pernikahan ini membuahkan empat anak dan harta. Daud memiliki murid sendiri, sekitar 40 sampai 50, dan ditugaskan oleh pemerintah untuk melukis.

Pada 1787, David tidak menjadi Direktur Akademi Perancis di Roma, yang merupakan posisi yang ia inginkan. Count yang bertanggung jawab atas janji kata David masih terlalu muda, tapi mengatakan ia akan mendukung dia dalam 6 sampai 12 tahun. Situasi ini akan menjadi salah satu dari banyak yang akan menyebabkan dia untuk menyerang di Akademi di tahun mendatang.

Pada awalnya, David adalah pendukung Revolusi, seorang teman Robespierre dan anggota dari Klub Jacobin. Sementara yang lain meninggalkan negeri untuk peluang baru dan lebih besar, David tinggal untuk membantu menghancurkan tatanan lama, ia adalah seorang pembunuh raja yang memilih dalam Konvensi Nasional untuk Eksekusi Louis XVI. Tidak jelas mengapa ia melakukan ini, karena ada banyak kesempatan lebih untuk dia di bawah Raja dari orde baru, beberapa orang menyarankan cinta Daud untuk klasik membuatnya merangkul segala sesuatu tentang periode itu, termasuk pemerintahan republik.

David dimasukkan simbol revolusioner banyak ke dalam pertunjukan teater dan mengatur ritual seremonial; berlaku radikalisasi seni terapan, sendiri. Simbol David paling populer bertanggung jawab sebagai menteri propaganda, diambil dari gambar Yunani klasik; berubah dan mentransformasikannya dengan politik kontemporer. Dalam festival rumit diselenggarakan pada hari peringatan pemberontakan yang membawa monarki bertekuk lutut, David Hercules angka itu terungkap dalam prosesi mengikuti Liberty wanita (Marianne). Liberty, simbol dari cita-cita Pencerahan itu di sini sedang dibalik simbol Hercules, bahwa kekuatan dan gairah untuk melindungi Republik terhadap perpecahan dan faksionalisme. Dalam pidatonya selama prosesi itu, Daud "secara eksplisit menekankan pertentangan antara rakyat dan kerajaan; Hercules dipilih, setelah semua, untuk membuat oposisi ini lebih jelas". Itu adalah cita-cita bahwa David terkait dengan Hercules-nya yang seorang diri mengubah angka dari tanda rezim lama menjadi simbol baru yang kuat revolusi. "David mengubahnya menjadi representasi kekuatan, kolektif populer Ia mengambil salah satu tanda favorit monarki dan direproduksi, tinggi, dan monumentalized menjadi tanda kebalikannya.." Hercules, gambar, menjadi untuk kaum revolusioner, sesuatu untuk rally sekitar.

David kemudian meninggal, pada tanggal 29 Desember 1825. Pada kematiannya, beberapa potret dilelang di Paris, Kematian terkenal Marat itu dipamerkan di sebuah ruangan terpencil, untuk menghindari outraging kepekaan publik. Kembali ke Prancis dianulir untuk dimakamkan, karena telah menjadi pembunuh raja Raja Louis XVI, tubuh pelukis Jacques-Louis David dimakamkan di Pemakaman Evere, Brussels, sementara hatinya dikuburkan di Pere Lachaise di Paris.

Beberapa karya jacques louis david antara lain :
senirupa

0 komentar:

Tuliskanlah pikiran anda

Berbagi dan beritahu kami apa yang anda pikirkan tentang seni dan inspirasi... !

 
Google Yahoo Bing Ask Lycos
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat