Welcome to Blog Senirupa

Sejarah Senirupa Mesir - Egyptian art history

Diposkan oleh : Posted on Selasa, 30 Oktober 2012 - 05.47 with 1 comment

Sejarah Senirupa Mesir / Egyptian art history

Perkembangan seni rupa murni mancanegara di luar Asia berawal dari seni rupa Timur purba hingga sejarah seni rupa Eropa modern. Seni rupa Timur purba dapat dilihat melalui perkembangan seni rupa di Mesir. Kurun waktu perkembangannya dapat diuraikan secara kronologis, yaitu dimulai dari sejarah seni rupa Mesir, seni rupa Eropa Klasik, seni rupa Renaissance, seni rupa Barok dan Rokoko, hingga seni rupa zaman modern.
 Mesir merupakan bangsa yang mempunyai peninggalan kebudayaan tertua di dunia (sejak 3400 SM). Bentuk karya-karya seni rupa bangsa Mesir berupa seni bangunan, seni patung, relief, seni lukis, dan seni kriya. Seni bangunan Mesir terdiri atas bangunan piramida, mastaba, dan candi. Piramida dan mastaba merupakan bangunan yang berfungsi untuk menyimpan mumi, sedangkan candi berfungsi sebagai tempat pemujaan. Seni patung Mesir terbuat dari batu granit yang merupakan penggambaran
dari Ramses, Chefren, Achnaton, Amenhotep, dan Spinx. Relief dan seni lukis Mesir banyak ditemukan pada dindingdinding kuburan dan peti mati. Peninggalan lainnya berupa benda-benda kriya, seperti tembikar, perhiasan, dan mahkota
Periode kekuasaan Mesir kuno adalah berupa pembentukan dinasti yaitu suatu teokrasi dimana para penguasa (pharaohs),sebagai penguasa, pemikir dan juga mengangkat dirinya sebagai dewa. Kekuasaan ini dimulai dari Lembah Nil sekitar 3150 SM, dan bertahan hingga 31 dinasti. Dinasti berakhir setelah Mesir takluk kapada Kerajaan Romawi pada sekitar abad 30 SM. Pada periode kekuasaan Romawi secara bertahap terjadi perubahan politik dan agama dan periode inilah yang mengakhiri perkembangan peradaban independen Mesir.
Peradaban Mesir Kunoberada di bagian timur laut Afrika yang terpusat sepanjang pertengahan hingga hilir Sungai Nil dan mencapai kejayaannya pada sekitar abad ke-2 SM, yang disebut periode Kerajaan Baru. Wilayahnya mencakup Delta Nil di utara, hingga Jebel Barkal di Katarak. Pada beberapa zaman, peradaban Mesir meluas hingga ke selatan Levant, Gurun Timur, pesisir pantai Laut Merah, Semenajung Sinai, serta Gurun Barat.
Bentuk peradaban Mesir kuno antara lainberupa bangunan ( Architecture ), tulisan, patung, relief, painting, mumi dll, yang tinggi dan hingga kini masih bertahan.

Beberapa contoh karya / peninggalan Seni rupa pada masa itu dapat saya share disini yang kebanyakan saya kumpulkan dari encarta microsoft 2005 serta beberapa sumber lainnya.

Bangunan / Architecture


Piramida Bertangga (Step Pyramid), RajaZoser di Sakarah, pharaoh Mesir dari 2630 sampai 2611 B.C. (Microsoft® Encarta®, 2005)


Piramida Cheops, tinggi 146 m, panjang di sisi bawah 230 m, areal 52.900 meter persegi, 2.3 juta buah batuan. dibangun dinasti ke-4 sekitar tahun 2.000 SM, oleh Raja Cheops/Khufu

Piramida Yang dibengkokkan, dibangun masa pemerintahan Raja Sneferu ( 2575 BC-2551 BC). Awalnya arsitek membangun dinding dengan sudut 55 derajat, Kemudian mereka temu permasalahan struktural hingga dilanjutkan menjadi 43 derajat tingkat. (Microsoft® Encarta®, 2005).

 4000 tahun usia, Sphinx (patung manusia berbadan singa), Giza Yang besar adalah lencana yang terkenal dari Mesir masa lampau. (Microsoft® Encarta® , 2005).

 Kuil Abu Simbel, sekitar 1250 BC dibangun oleh Pharaoh Mesir Ramses II, di Mesir selatan. Didepan pintu masuk -keluar kuil berdiri masiv empat patung Raja Ramses II yang sedang duduk.

 Kuil Ratu Hatshepsut, Penguasa Mesir tahun 1400s BC. Funerary nya Kuil adalah dekat Lembah Para raja, di Luxor. (Microsoft® Encarta®, 2005).
 Kuil Luxor, berada di timur Sungai Nil, mulai dibangun sekitar tahun 1200s BC untuk menghormati para dewa. Bangunan Kuil ditambahkan ke atas oleh masing-masing dinasti. Di depan terdapat tugu (obelist)dan patung kolosal. Kuil ini dihubungkan ke Kuil Al Karnak oleh jalan sepanjang 3.5 km. Sepanjang jalan dihiasi dengan beratus-ratus sphinx. Dalam sekali setahun dewa Amon diangkut oleh tongkang dari Al Karnak ke Luxor, pada sebuah festival besar.
 Kuil Al Karnak, Kira-kira 1,500 BC. Banyak kuil yang dibangun di Al Karnak, yang paling utama adalah dibuat oleh Thutmose III, yang menguasai Mesir 1400s BC. Tulisan Hieroglyphs pada dinding kuil menceritakan peristiwa tentang kehebatan militer Thutmose's dalam memperluas kerajaan Mesir hingga Asia dan Afrika
Hypostyle Hall (Ruang Hipostilium), Kuil Amon di Karnak, ditunjang oleh 100 tiang, masing-masing tiang tinggi 20 m. Dibangun oleh Ramses II tahun 1200s BC.

 PATUNG / SCULPTURE

Patung Luxor yang ada di Kuil Thebes, Thebe merupakan ibukota Mesir masa lampau, adalah lokasi Luxor Kuil. (Microsoft® Encarta®, 2005).

Patung Raja Khafre duduk, dari 2500s BC, diukir dari suatu blok batu diorit padat, batu keras dari kerajaan tua Kerajaan di Mesir. Tinggi 165 cm ( 66) tinggi dan adalah suatu diidealkan penyajian raja, dengan bentuk geometris kuat dan proporsi dramatis. (Microsoft® Encarta®, 2005).

  Patung Dewi Selket, yang ditemukan pusara Raja Tutankhamun Mesir. dewi yang menyembuhkan menggigit dan sengat, dilukiskan sebagai perempuan indah dengan suatu kalajengking pada [atas] kepala nya. Helaian emas adalah dibuat oleh menempa emas padat yang metal sangat tipis.

Dewi Kucing Perunggu ini menggambarkan dengan menatah blue-glass memandang biji dari Periode Akhir-Akhirnya Egypt's ( 712-332 BC). [Itu] menunjukkan Kulit pohon dewi yang masa lampau dalam wujud seekor kucing.
Patung Granit Amenemhet III, adalah di (dalam) suatu koleksi di Musium yang Britania di (dalam) London. Amenemhet III menguasai [ketika;seperti] raja selama Dinasti 12th Egypt's. (Microsoft® Encarta®, 2005).

 Patung kecil batu gamping dicat melukiskan Raja Akhenaton Dan Ratu Nefertiti, penguasa Mesir sepanjang Amarna periode. Selama periode ini, Orang Mesir dewa worshiped, Aton, [siapa] yang berbadan kedua-duanya [jantan/pria] dan prinsip wanita alam semesta [itu]. Seniman oleh karena itu melukiskan Akhenaton, siapa [yang dulu] wakil;contoh Aton di atas bumi, dengan karakteristik [yang] mereka menghormati [ketika;seperti] feminin, seperti bahu sempit, suatu pinggang tinggi, dan melafalkan perut, pantat, dan paha.

Pangeran Rahotep dan Isteri Nya Nofret ditempatkan pusara, sebagi mewakili sesaji diterima dan yang ditinggal dari yang hidup. Patung Batu gamping di sini, Pangeran Rahotep dan Isteri Nya Nofret, dari 4th Dinasti ( 2575-2467 BC) dan telah ditemukan pusara Rahotep's di (dalam) Mayd├╝m. sekarang berada Musium Cairo. (Microsoft® Encarta®, 2005).

LUKISAN / PAINTING


Anubis dan Mumi Orang Mesir Yang masa lampau percaya bahwa dewa mereka yang mati, Anubis, adalah pencipta membalsem. Potongan seni ini menunjukkan yang jackal-headed Anubis menyiapkan suatu mumi. [Itu] biji dari 1314-1200 BC. (Microsoft® Encarta®, 2005)

Kereta Tempat tidur/alas orang mesir Sebagian dari yang paling awal dan paling merinci contoh mebel sudah selamat sebab mereka telah dipelihara pusara orang mesir masa lampau. Kereta Tempat tidur/alas ini [yang] menirukan seorang sapi adalah dari pusara Raja Tutankhamun. Itu ada di Musium orang mesir di (dalam) Cairo, Mesir. Sumber daya Seni, Ny/Giraudon Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005

 Bagian Buku, untuk yang mati terdiridari suatu teks yang berisi doa, mantera, dan himne, pengetahuan untuk digunakan oleh yang mati untuk memandu dan melindungi jiwa pada perjalanan menuju alam baka. Mulai Dinasti yang 18th, Buku Yang mati terukir pada lontar. Bagian ini satu. seperti (itu) buku, dari awal Dinasti 19th, menunjukkan pertimbangan akhir yang ditinggal menuju kerajaan Osiris, dewa kematian. Hieroglyphs dan ilustrasi melukiskan upacara agama menimbang hati yang meninggal untuk menentukan apakah ia dapat dihadiahi hidup abadi.

Perjamuan Thebe, bagian dari dinding yang dicat bertanggal tanggal sekitar 1400 BC, sepanjang periode Kerajaan. Bagian Puncak menunjukkan kalangan bangsawan dan isteri mereka yang menerima perhatian dari para budak menyajikan makanan, pada sisi kanan. Figur di (dalam) baris di bawah mungkin wanita [pengadilan/lingkungan] [itu]. (Microsoft® Encarta®, 2005).

Lukisan dari Kuil Ramses III (1100s BC). Suatu pemimpin militer cerdik, ia mempertahankan Mesir melawan invasi asing. Lukisan prestasi militer nya menghias dinding pada kamar mayat nya, di Thebes, atau Luxor sekarang ini, walaupun lukisan di sini ditunjukkan melukiskan ratu nya. (Microsoft® Encarta®, 2005).

Lukisan Raja Narmer dari Hierakonpolis dibuat pada papan batu. tinggi 62.5 cm dari periode Predynastic Egypt's, Penahan pukulan musuh. Lukisan menggambarkan pemuliaan raja yang digambar lebih besar. (Microsoft® Encarta®, 2005).

RELIEF



Relief;Pembebasan Orang Mesir, dari 5th Dinasti ( 2465 BC-2323 BC), menunjukkan yang ditinggal mendudukkan pada suatu berbadan tegap [tabel;meja] dengan sesaji makanan.

Raja Thutmose III datang ke dalam [kuasa/ tenaga] pada ujung pemerintahan wanita [itu] pharaoh Hatshepsut di (dalam) 1458 BC. [Sebagai/Ketika/Sebab] penguasa tertinggi Mesir, Thutmose III menaikkan pada [atas] suatu empire-building kampanye yang memperluas orang mesir mempengaruhi ke dalam Syria, Palestine, dan Phoenicia. Antar konstruksi [yang] penting nya adalah bangunan pada Heliopolis, Memphis, Abydos, dan penambahan kepada kuil pada Al Karnak.
Aton 18th-dynasty Pharaoh Akhenaton menetapkan dewata Aton sebagai penguasa tertinggi. Relief menunjukan Akhenaton sedang menawarkan sesuatu ke Dewa Aton, yang dilukiskan sebagai matahari. (Microsoft® Encarta®, 2005).

OTHER


Barang tembikar orang mesir adalah salah satu [dari] format seni yang paling awal yang dikerjakan oleh Orang Mesir yang masa lampau. Potongan ini dari periode yang Predynastic ( 5000 BC-3000 BC) dihias dengan burung unta, perahu, dan disain geometris

Jimat Orang Mesir masa lampau percaya bahwa jimat bisa melindungi mereka dari kejahatan. Atas dari kiri ke kanan, jimat tiang djed, jimat wedjat mata, dan jimat lontar bertunas, dibuat dari blueish faience, suatu tembikar dipasangi kaca. Bagian tengah jimat buaya pucat dan suatu warna coklat jimat obsidian. Paling bawah dari kiri ke kanan, jimat dewa burung elang falcon Horus, jimat hati/jantung dari batu, dan jimat Dewa musik dan tarian.

 Hieroglyphs di Pusara Ratu Amonherkhepsef (bertema religius dicat berada pada dinding atas pusara),ditempatkan di Lembah Ratu. (Microsoft® Encarta®, 2005).

Mumi Mesir Kuno Orang Mesir Yang masa lampau dipercaya sebagai orang-orang yang pertama untuk praktek pembalseman, di mana suatu mayat secara palsu dipelihara untuk memperlambat [itu] membusuk proses. Orang Mesir percaya bahwa itu adalah diperlukan untuk memelihara suatu badan dalam rangka mengijinkan jiwa [itu] untuk survive. Metoda Pembalseman masa lampau yang yang dimasukkan mencakup mayat [itu] dengan karbonat air soda dan unsur alami menyuntik seperti tumbuh-tumbuhan bumbu balsamic ke dalam rongga nya [sebelum/di depan] membungkus mayat [itu] dengan kain, menciptakan suatu mumi. Hari ini penggunaan orang yang membalsem siap-siap[kan] unsur kimia untuk memelihara suatu badan untuk [yang] mengamati menyedihkan dan untuk mencegah yang di/tersebar infeksi/peradangan.



senirupa

1 komentar:

  1. terima kasih ya atas pengetahuan dan informasinya...... kapan-kapan jangan lupa kunjungi juga web saya : andrisaputra24.blogspot.com

    BalasHapus

Jika ada masalah, kami harap agar membaca dulu komentar yang masuk, barangkali aja masalah anda sudah kami jawab, sebab kami tidak akan menjawab lagi komentar dengan permasalahan yang sama... salam

 
Support : Google.com | Yahoo.com | Bing.com | Baidu.com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. SENI RUPA - All Rights Reserved
Bukan Sekedar Apa Yang Terlihat, Tapi Hayati Apa Yang Tersirat